Ijen Natural // Missibu Coffee Roaster

Menikmati hari libur setelah satu pekan yang berasa panjang dan penuh hal² yang tak terduga. Secangkir kopi hangat nan nikmat dari kawasan Gunung Ijen yang disangrai oleh @missibu_roaster menjadi penyemangat untuk melanjutkan pekan yang baru. Ketika sedang digiling pun, aroma seperti manisnya kismis sudah memenuhi ruangan.

Proyek lama sudah selesai. Saatnya beralih ke proyek yang baru menjelang 2021 yang sudah di depan mata~

Deskripsi kopi:

☕: Ijen Natural
🔥: Missibu Coffee Roaster
📝: Cherry, chocolate, raisin

Pengalaman pembelian:

  • Untuk rasa yang nikmat dan kemasan kaleng yang aman ini, harga Rp. 120.000,- untuk 200 gram sangatlah sepadan. Beli ini pas ada promo 17 Agustus, barengan sama kopi Mandheling Natal, buy 1 get 1 free. Di kemasannya terdapat tanggal roasting, yaitu 16 Agustus. Packing luar dan pengiriman cukup aman sehingga diterima dalam keadaan cakep tanpa penyok. Biji kopinya ga langsung dikalengin, melainkan dimasukkan di kantong plastik di dalam kalengnya, jadi nggak resiko kesebar kalo buka kalengnya ga pas. Nice, Missibu!

Metode penyeduhan:

  • Karena saya cocok banget sama teknik seduh standar dari Saat Seduh di Rumah, maka seperti biasa saya seduh dengan rasio 1:16 dengan 15 gram kopi yang digiling medium-coarse. Saya pakai hand-grinder Latina Sumba, nggak tahu berapa klik, tapi yang pasti gilingannya ga lembut-lembut amat, ga kasar-kasar banget juga. Paper filter pakai wave dan cone dari Suji. Suhu konsisten mulai di 92°C, selesai antara 2.40-2.50 menit.
  • Saya lebih suka menyeduh kopi ini dengan v60 dripper. Lebih clean ‘n sweet dibandingkan pakai wave filter. Manis kismis dan rasa cokelat di belakang lebih terasa jelas ketika menggunakan dripper V60.